Profesi di Bidang TI Sebagai Profesi

Untuk mengatakan apakah suatu pekerjaan termasuk profesi atau bukan, criteria pekerjaan tersebut harus diuji.
Sebagai contoh, pekerjaan sebagai staf operator computer ( sekedar mengoperasikan ), tidak masuk dalam golongan profesi jika untuk bekerja sebagai staf operator tersebut tidak membutuhkan latar belakang pendidikan tertentu.
Adapun seorang software engineer dapat
dikatakan sebagai sebuah profesi karena seseorang yang bekerja sebagai software engineer haruslah berpengetahuan dan memiliki pengalaman kerja di bidangnya.
Julius Hermawan ( 2003 ), mencatat dua karakteristik yang dimiliki oleh software engineer sehingga pekerjaan tersebut layak disebut sebuah profesi, yaitu :
1. Kompetensi
Kompetensi yang dimaksud yaitu sifat yang selalu menuntut professional software engineer untuk memperdalam dan memperbaharui pengetahuan dan keterampilannya sesuai tuntutan profesinya.
2. Tanggung jawab pribadi
Yang dimaksud yaitu kesadaran untuk membebankan hasil pekerjaannya sebagai tanggung jawab pribadi.
Agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan benar, seorang software engineer perlu terus mengembangkan bidang ilmu dalam pengembangan perangkat lunak, seperti :
a. Bidang ilmu metodologi pengembangan perangkat lunak
b. Manajemen sumber daya
c. Mengelola kelompok kerja
d. Komunikasi


Julius Hermawan (2003), mencatat dua karakteristik yang dimiliki oleh Software Engineer sehingga pekerjaan tersebut layak disebut sebuah profesi. Dua karakteristik tersebut adalah kompentensi dan adanya tanggung jawab pribadi. Kedua komponen yang dimaksud adalah pertama, suatu sifat yang selalu menuntut suatu profesional Software Engineer untuk memperdalam dan memperbaharui pengetahuan dan ketrampilannya sesuai ketentuan profesinya. Karena seorang programer dituntut untuk terus maju karena teknologi tentunya juga semakin hari semakin maju. Yang kedua adalah tanggung jawab pribadi, yaitu kesadaran orang tsb untuk menjadikan profesinya sebagai tanggung jawab pribadi nya sendiri.

COMMENTS :

Don't Spam Here 1

test koment

zeronoel mengatakan...
on 

Posting Komentar

Saran dan Kritik Anda Adalah Sebuah Pelajaran Bagi Kami Untuk Menjadi Lebih Baik

Copyright © 2010 All Rights Reserved. Powered by Jroenowel and Distributed by zeronoel .